Pakai Lagi Donk..!

Pernah dengar 3R? 3R yang ini bukan ukuran foto lho, melainkan Reduce, Reuse, dan Recycle. Kalau diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia kira-kira artinya Kurangi, Pakai Lagi dan Daur Ulang. Tentu saja yang dimaksud di sini adalah barang-barang yang sudah terpakai.

Banyak sekali acara di tv yang aku tonton menayangkan liputan tentang daur ulang benda. Tidak jarang daur ulang itu memberikan penghasilan yang lumayan untuk mereka.

Menurutku, penggunaan ulang barang bekas itu punya dua manfaat, yaitu menjaga lingkungan dan penghematan sumber daya.

Manfaat pertama. Kebayang gak, kalau semua barang yang sudah gak terpakai jumlahnya ada berapa di dunia? Kalau salah penanganannya, bisa-bisa mencemari lingkungan. Nah, itulah manfaat dari segi lingkungan.

Nah yang kedua adalah penghematan sumber daya. Ambil contoh kaleng yang aku pakai sebagai tempat pensil. Kaleng itu bisa langsung jadi tempat pensil setelah dibersihkan dan dirapikan. Berbeda halnya kalau kita beli tempat pensil baru dari toko yang tentu saja memerlukan waktu, biaya dan juga energi lebih dibandingkan dengan menggunakan kaleng ini. Dengan begitu, kita bisa menghemat sumber daya.

Kaleng ini adalah kaleng bekas susu kental. Tampilannya agak kurang sama sekali gak menarik. Rencananya dulu, aku mau bikin gambar bunga, kupu-kupu sama matahari tapi karean kurang kreatif jadi tambah gak menarik.:P Mungkin ada di antara Teman yang bisa bantu supaya lebih menarik.


Nah, kalau yang satu lagi udah tau kan? Itu toples bekas selai yang aku gunakan sebagai tempat koin. Awalnya, aku mau bikin pot bunga. Karena, bingung bunga apa yang cocok di tempat sekecil itu, maka aku putuskan untuk menggunakannya sebagai tempat koin saja.

Mungkin Teman sekalian ada yang punya ide supaya barang bekas ini bisa lebih fungsional atau lebih menarik? Silahkan komen-komen, ya…

:mrgreen:

About the author: Dwi Nur Wahyudi

Blogger, Ubuntu Enthusiast, Movie Goer, Pendekar Akademik, Hampir Ganteng, Calon Imam Rumah Tanggamu, Menantu Idaman Mamamu | Email: iyud@dnwahyudi.com

Related Posts

40 Comments

  1. Setuju sama Mbak Evi. Kaleng itu bisa ditempeli kertas kado. Atau bisa juga dililit tali nylon atau tali lain dengan cara yang kreatif.
    Kalo botol selai itu bisa dibuatin pasir yang warnanya beda2 supaya ada layer, lalu lapisan paling atas beri tanah yang bisa ditumbuhi kaktus. Tancepin deh kaktusnya. Keren loh 🙂 *pengalaman 🙂

    1. Jadi ingat, dulu waktu SMP aku juga pernah bikin kerajinan dari botol bekas air mineral, Kak. Dililit menggunakan benang wol.

      Kalau botol selainya rencananya mau dikasih tanah dan kerikil warna warni yang biasa dipakai di akuarium, trus dikasih tumbuhan.

  2. Ada lagi yang berpikiran lebih maju lagi. Barang2 bekas itu dijadikan duit. Ada beberapa kenalan saya yang bisa melihat peluang itu dan menjadikan pekerjaan pokok. hasilnya, tidak kalah dengan menejer menengah sebuah perusahaan.

    1. Saya pernah lihat di tv ada yang bisnis undangan pernikahan menggunakan kertas bekas yang didaur ulang. Jadi ingat kata narator di National Geographic Channel: Resources is limited, but innovation is endless.

  3. kraetif dan salut nih mas

    itu toples bekas selai bisa juga di dalamnya dikasih kerikil kerikil kecil, atau biji bijian warna warni terus di atasnya ditaurh lilin mungil, jadi hiasan deh, dan bisa digunakan saat lampu mati tinggal nyalakan lilinnya, sering aku lihat di sini mas, di restauran restauran

  4. Salam kenal gan 😀
    kalo sampah komputer kayak mainboard bekas, RAM bekas, atau kartu grafis yang udah mati biasanya saya potong2 jadiin gantungan kunci 😀

      1. Coba Pak Yudi search google “kaleng lukis lani” pasti ada banyak idenya, Mbak Lani tadi pagi kalau tidak salah muncul distasiun TV tapi apa ya lupa TV mana, hehehe.. di situ dia jadi penjual kaleng lukis…moga membantu… 🙂 🙂 😀

        Thanks Pak,
        asanoer.com

  5. Wewww,,, Pak Yudi,,

    Aku juga kadang mikir, sampah2 plastik bisa dibuat apa ya? Sampai ada bayangan mau buat mesin (hayalan tingkat tinggi) untuk buat energi dari plastik atau benda lain yang bermanfaat,, hehehe…Tapi ya kepentok ama males dan males,, yawis berhenti…

    Thanks Pak, sudah berkunjung ke rumah tulisan saya, semoga banyak artikel referensi dari Pak Yudi ya…

    Salam Kenal Juga Pak
    Khasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE