Kangen Sinetron PPT

Beneran deh gak terasa, dalam kurang dari tiga minggu lagi kita udah masuk ke bulan puasa. Ngomong-ngomong soal bulan puasa, (bakalan banyak yang bisa kita omongin saat bulan puasa ini) selalu ada aja momen-momen yang bisa kita ingat dari puasa tahun-tahun sebelumnya. Seperti kegiatan-kegiatan saat bulan puasa, makanan, nongkrong-nongkrong bareng teman dan lain sebagainya.

Salah satu yang paling menyita perhatian adalah acara televisi. Mulai dari adzan maghrib, acara sahur, sampai dengan frekuensi iklan sirup rasa melon yang tiba-tiba MELONjak sangat tajam.

Acara televisi yang tidak akan pernah ditinggalakn pemirsa di Indonesia tentu saja adalah sinetron. Bermacam-macam tipe sinetron muncul di bulan Ramadhan nanti. Ada sinetron yang beneran religi, ada juga sinetron biasa yang dibungkus tema religi.

Satu sinetron yang pasti kita semua setuju sinetron ini berkualitas sangat tinggi. Sinetron yang saya maksud adalah sinetron Para Pencari Tuhan atau yang lebih singkat disebut PPT. Anda semua pasti kenal sinetron ini, kan?!?

Saya gak tahu, apakah sinetron ini akan tayang di Ramadhan bulan ini atau nggak. Saya belum lihat ada cuplikannya di SCTV. Bisa aja sinetron ini gak tayang lagi karena salah satu produser dan bintangnya sekarang jadi wakil gubernur Jawa Barat. Bisa juga sengaja disimpan sebagai kejutan bagi pemirsa televisi yang katanya Satu untuk Semua itu.

Mengingat lagi beberapa episode yang pernah saya tonton dari sinetron ini, benar-benar terasa kualitasnya dibandingkan sinetron yang secara reguler hadir di layar kaca pemirsa Indonesia. Kalau sinetron yang striping itu pokoknya gak banget dah. Cerita sinetron PPT benar-benar ditulis dengan sangat cermat sehingga menghadirkan cerita yang dapat dengan sangat dalam menyentuh hati pemirsa.

Saya jadi teringat salah satu adegan yang menurut saya adegan in benar-benar menunjukkan kecerdasan penulis cerita sinetron PPT ini. Lebih tepatnya saya udah lupa di season berapa.

Di salah satu episode, menceritakan Ustad Feri (diperankan oleh Akri Patrio) yang pulang dari memberikan ceramah di salah satu masjid kampung tetangga. Karena terburu-buru, orang yang mengantar Ustad Feri yang juga adalah salah satu panitia acara ceramah lupa memberikkan “amplop” kepada Ustad Feri. Tidak berapa lama, ia kembali dan memberikan amplop itu kepada Ustad Feri. Sambil tersenyum si panitia berkata, “Maaf, Ustad. Ada yang kelupaan, ini amanah dari jamaah, buat beli odol.”

Siapa saja yang hidup di Indonesia tentu mengerti apa yang dimaksud oleh si panitia ini.”Amanah dari jamaah buat beli odol” ini tentu saja adalah “fee” untuk Ustad Feri.

Ustad Feri pun menerima amplop itu, tapi ada sesuatu hal yang sedikit mengganjal dalam hatinya. Perkataan si panitia itulah yang menganggu. Basa-basi soal “amanah” yang disangkut pautkan dengan “beli odol” adalah hal yang menganggunya. Menurutnya perkataan itu harus dijadikan acuan maksud penggunaan uang yang ada di amplop itu. Jangan sampai amanah-nya tidak terlaksana. Ustad Feri tidak mau memakan uang yang tidak sesuai amanahnya.

Jadi, Ustad Feri mendiskuiskan denagn istrinya “amplop” ini mau diapakan. Akhirnya, ia mengambil keputusan untuk tetap melaksanakan amanah jamaah masjid kampung tetangga, yaitu membeli pasta gigi. Uang beberapa ratus ribu digunakan untuk beli pasta gigi dan kemudian pasta gigi itu dibagikan kepada warga. And You know what? Pasta gigi yang dibagikan di sinetron itu adalah pasta gigi yang bintang iklannya Dedi Mizwar. Pasta gigi merk Enzim.

Nah, di sinilah kecerdasan si penulis benar-benar terlihat. Hanya dengan beberapa scene ia sudah menyampaikan setidaknya tiga hal. Tiga hal yang saya maksud di sini pertama adalah edukasi, yang kedua komedi, dan tidak lupa yang ketiga sisi komersil dari cerita ini. Si penulis benar-benar menggabungkan ketiga hal ini dengan sangat manis, sesuatu hal yang sangat jarang kita lihat di sinetron biasa di Indonesia.

Nah, jadi siapa dari Anda semua yang kangen dengan sinetron ini? Kalau saya sih kangen banget. Kita tunggu aja apakah sinetron PPT akan hadir di Ramadhan tahun ini.

About the author: Wahyudi DN

Blogger, Ubuntu Enthusiast, Movie Goer, Hampir Ganteng | Email: iyud@dnwahyudi.com

Related Posts

7 Comments

  1. wah, ceritanya ada iklan tapi kena. 3 hal masuk sekaligus. berisi. bagus. aku mau deh nulis cerpen kayak gitu. aku nulis cerpen lo, bukan skenario film soalnya aku gak punya kru. cerpen-cerpenku aku tulis di winterwing

  2. wah saya kok kayaknya kelewatan adegan itu yah, benar2 bagus ceritanya beli pasti gigi buanyak banget :D.
    saya pun sudah rindu utk bisa segera nonton PPT :D, semoga bang jack alias bang wakil gubernur ga lupa deh hehehe

Tinggalkan Balasan ke dnwahyudi Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.