Ban Benjol

Ban Benjol – Kejadian ini terjadi beberapa bulan yang lalu, tepatnya tanggal 13 April . Di pagi hari, aku mencuci ngebasah-basahin motor untuk persiapan jalan jauh. Aku kaget waktu ngelihat keadaan ban udah benjol-benjol kayak begini.

Benjol-benjolnya ban ini terjadi lumayan mendadak. Ban masih dalam keadaan baik di hari Kamis dan Jumat. Memang sih, waktu di pake ada sedikit guncangan (mungkin benjolnya mulai muncul) saat aku ngantar Ibu check up ke rumah sakit, tapi benjolnya belum terlihat. Baru pada hari Sabtu benjol ban mulai terlihat.

Setelah tanya ke berapa orang di bengkel, ada yang bilang kalau ini terjadi merek ben tertentu. Banyak yang bilang kalau kualitas ban merek ini sedang menurun.

Di beberapa blog yang aku kunjungi, ada yang menyebut kalau benjolnya ban ini bukan terkait merek tertentu. Hal ini terjadi karena pemakaian. Ban yang mulai terasa empuk dan tidak langsung diisi angin bisa jadi penyebabnya. Ada juga yang menyebut kalau penggunaan standar miring/standar kiri terlalu lama di prakir menyebabkan benjol ban ini.

Kalau merujuk beberapa pernyataan orang-orang yang kudengar, sepertinya aku lebih percaya pada pernyataan kalau benjol ini cenderung terjadi pada merek tertentu. Pasalnya, aku hampir gak pernah pake standar miring saat parkir, terutama parkir lama (lebih dari lima menit). Benjolnya ban ini juga muncul di sebelah kanan.  Aku juga selalu isi ban denghan angin apabila udah mulai terasa empuk sedikit saja.

Pernahkan teman-teman sekalian mengalami ban benjol ini? Kalau ada yang punya pengalaman, silahkan berbagi info.. 😀

Ban motor benjol
Benjol di sebelah kanan


About the author: Dwi Nur Wahyudi

Blogger, Ubuntu Enthusiast, Movie Goer, Pendekar Akademik, Hampir Ganteng, Calon Imam Rumah Tanggamu, Menantu Idaman Mamamu | Email: iyud@dnwahyudi.com

37 Comments

  1. menurutku sih mungkin karena produknya yang menurun kualitasknya karena pemakaian (aus, dll) atau karena memang kualitas merek ini rendah 🙂

  2. merk lebih mendominan penyebabnya. Saya hampir tiap hari memaki standar satu, tapi tidak ada masalah. Memang sekarang ada penurunan kualitas, biar harga terjangkau dadn dapat unntung banyak.

  3. Motor saya dan satu lagi punya si sulung justru beberapa kali bocor ban, ternyata setelah dibongkar, bagian dalam ban sudah berserabut padahal bagian luarnya masih bagus. Terpaksalah kita ganti ban luar biar nggak bocar bocor.
    Kalo benjolan keluar saya malah nggak ngerti Kang

  4. kalo masalah ban benjol itu mas gak berpengaruh lama atau bekas..
    Ban baru juga bisa benjol..
    bisa jadi karena ngisi anginnya terlalu banyak atau juga karena masuk lobang dengan keras..
    #pengalamanpribadi hehe

  5. Saya malah baru penah dengar, ada benjolan di Ban. :mrgreen: Biasanya taunya Ban njebuk dowang, Mas. Aneh, ya. . .

    Apa gak karena habis dipakai dengan jarak terlalau jauh tuh?

  6. ban benjol menurut saya ttp karena produknya mas.. klo pemakaian biasanya ban nya jadi alus gt.. itu kan enggak 😀

    produk nya kurang bagus jadi ketika panas dingin langsung melaaar

  7. Ban Benjol / gak rata sebelah pengalamanku, karena ga balance.
    bisa chasisnya
    bisa bearing roda yg layak ganti sehingga roda ga lurus alias jalanya miring.
    klo roda posisi lurus habisnya pasti ga ada cerita ban sebelah benjol2.
    boleh di cek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE