Migrasi Server

Segera setelah smiley di blog ini hilang karena lupa back up beberapa hari lalu, aku langsung memindahkan data blog ini dari hosting yang gratisan ke hosting yang berbayar. Migrasi ini terjadi karena layanan hosting gratis yang aku pakai semakin tidak memuaskan.

Migrasi server

Sebenarnya, aku sudah berlangganan hostng berbayar sejak memulai menulis di blog ini. Karena suatu dan lain hal, dulu aku memindahkan blog ini ke hosting yang gartisan.

Beberapa bulan berjalan, blog dengan hosting gratisan bekerja dengan lumayan baik, sehingga space di hosting berbayar mengalami masa-masa menganggur.

Yang namanya gratisan, pasti punya kelemahan. Server yang dipakai di hosting gratisan nampaknya adalah server sejuta umat. Shared hosting ini nampaknya memuat banyak sekali pelanggan.

Banyaknya pelanggan dalam satu server tentu saja berakibat pada kinerja server. Server sering down apabila banyak terjadi aktivitas website yang diinangkan.

Kinerja server yang buruk semakin menjadi-jadi saat aku meng-update wordpress beberapa waktu yang lalu. Mungkin, proses update wordpress memakan resources yang lumayan banyak. Ditambah lagi dengan kemungkinan pelanggan lain yang ada di server ini melakukan update wordpress juga secara hampir bersamaan.

Karena hal-hal ini, aku memutuskan untuk mengembalikan semua file blog ini ke hosting yang berbayar.

Proses migrasi pada CMS WordPress sebenarnya cukup mudah karena adanya fitur export dan import blog. Hanya dalam hitungan menit, blog sudah bisa kita copy/pindahkan. Caranya pun tidak rumit. Kita hanya perlu mengunduh file export pada blog yang lama kemudian mengunggahnya pada blog yang baru.

Yang paling memakan waktu adalah mengarahkan subdomain dari server lama ke server baru. Hal ini membutuhkan waktu lebih dari dua jam. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar tanpa gangguan sedikit pun.

Nampaknya, kualitaslah yang berbicara saat ini. Mungkin, teman-teman Pembaca sekalian tidak akan merasakan perbedaan sedikit pun saat membaca dan berkomentar di blog ini, tapi di halaman dashboard terjadi perbedaan yang cukup signifikan. Halaman dashboard jadi lebih cepat diakses dan jarang mengalami error, tidak seperti saat pakai hosting gratisan dulu.

Itulah pengalamanku memindahkan isi blog ini. Semoga blog kesayanganku ini kerjanya selalu lancar dan banyak pengunjungnya.. :fufu:



Diterbitkan oleh

Wahyudi DN

Blogger, Ubuntu Enthusiast, Movie Goer, Hampir Ganteng | Email: iyud@dnwahyudi.com

28 thoughts on “Migrasi Server”

  1. Selamat deh dengan migrasi ke server berbayar, pastinya lebih keren dengan segudang kelebihan. Selain di dashboard lebih cepat diakses, pengunjungpun pastinya merasakan hal serupa.
    Sukses deh, πŸ˜‰

  2. Emang untuk urusan hijrah blog, khususnya pindahin postingan, di wp emang gampang banget.
    Udah 3x pindah, dan kayaknya yg sekarang bakal permanen, langsung di wp.com aja biar ga usah ribet harus upgrade.

  3. tapiiiii, gak enaknya klo komen di ‘rumah’ hak milik ( bukan yg gratisan), ntar responnya ga bisa masuk di notiikasi. jadi ga bisa lanjut balas2an komen klo nggak berkunjung kembali ke page-nya.

  4. saya hari ini juga migrasi hosting mas … kebetulan hosting yang kupakai ini mau habis dan males perpanjang.. dan baru inget masih ada akun hosting lagi yang bisa diselipin 1 domain ..

    doanya teman – teman saya gak ceroboh dan terjadi error πŸ™‚ mau nyoba set up sendiri.. hehe

  5. Semua nya berbanding lurus ama apa yang kita bayar mas, kalau gue masih setia di kuncihost soalnya rada asyik dan belum pernah merasakan hal yang tidak enak disana. hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.