Email untuk PNS

Terhitung kemarin, yaitu 2 Januari 2014, seluruh PNS wajib menggunakan email yang di-provide oleh pemerintah untuk urusan kerjaannya. Email ini memiliki alamat domain @pnsmail.goid.

Emang gak keren sih kalo PNS atau bahkan pejabat pake alamat email dengan domain yang biasa di pakai publik. Apalagi kalau username-nya alay gitu, misalnya udyien_imoet@yahoo.co.id.

Ada yang bilang kebijakan ini diambil untuk menghindari penyadapan seperti yang udah terjadi beberapa waktu lalu, walau sebenarnya aturan ini sudah dikeluarkan pemerintah sejak tahun 2010 lalu. Presidan sudah mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 untuk mengatur hal ini.

Meskipun hampir gak pernah menggunakan email dalam urusan pekerjaan beliau-beliau, aku berniat mendaftarkan kedua orang tuaku untuk mendapatkan alamat email ini. Mumpung belum begitu ramai, aku coba melakukan pendaftaran. Siapa tahu dalam beberapa hari lagi orang-orang pada ramai mendaftar. Bisa jadi server down kayak waktu masalah sertifikasi dulu.

Dugaanku tepat sekali, ternyata proses pendaftaran kurang lancar. Dalam proses pendaftaran, sepertinya server mengalami kerja yang sangat berat sehingga terasa lambat sekali.

Walau agak lambat, tapi pendaftaran berhasil. Tapi masalah bukan cuma itu saja. Ternyata masalah juga ada pada saat login. Login tidak berhasil dan muncul tulisan “Koneksi ke server penyimpanan gagal”.

PNSMail.go.id
Koneksi gagal

Untuk meminta bantuan masalah ini, langsung aja aku kirim email tentang masalah ini ke bantuan@pnsmail.go.id. Gak ada jawaban tapi setelah beberapa jam udah berhasil login.

Oh, iya. Aku juga mencoba menggunakan akun email ini di email client Mozilla Thunderbird, tapi Thunderbird gak berhasil menemukan setting yang tepat baik menggunakan protocol POP maupun IMAP.

Jadi mikir, sepertinya lebih keren alamat emailku deh… 😎 >> admin@dnwahyudi.com. Emailku menggunakan layanan Google Apps, jadi bisa pake Thunderbird.

*) Di domainku ini, udah ada alamat email untuk kedua orang tuaku, yaitu ibunya@dnwahyudi.com & bapaknya@dnwahyudi.com.  Saat ini sedang dicari user yang mau pakai alamat email ini >>> istrinya@dnwahyudi.com, atau minimal pacarnya@dnwahyudi.com. 😛

About the author: Dwi Nur Wahyudi

Blogger, Ubuntu Enthusiast, Movie Goer, Pendekar Akademik, Hampir Ganteng, Calon Imam Rumah Tanggamu, Menantu Idaman Mamamu | Email: iyud@dnwahyudi.com

23 Comments

  1. ckckcck aku kok g tau ya..kebetulan skrg lagi cuti..justru tahunya dsini
    jadi ingat dikantor emailku jadi milik bersama karena g ada yg punya email aktif….

    kalo kayak gt berrti lebih bagus krna PNS dtuntut lebh mengerti teknologi…

  2. hahaha indonesia banget
    padahal proyek pengadaan servernya pasti mahal itu
    semestinya sih dibagi per daerah atau instansi lah
    kalo semua pns harus pake itu tar namanya udah dipake orang lain, pakenya yang alay lagi 😀

  3. ga enak banget yaa oom, kalo bahasanya bahasa alay gitu, yang biasa dipake sama terong-terongan tuh.. pas liat domainnya… PNS
    dianggapnya kan tua bingits dah ah

  4. diwajibkan ya? padahal beberapa instansi sudah menyediakan akun email untuk pegawainya, jadi dobel-dobel deh, trus ga dipake deh…hehe… makasi ya sudah main ke blog saya. salam kenal 😀

  5. Aku baru tau tentang ini. Keknya bagus juga kalo punya email masing2, karena kawan2 cenderung bilang gak punya email, padahal punya akun fesbuk *nepok jidat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE