Beli Buku Hunger Games

Karena penasaran dengan cerita Mockingjay setelah nonton Catching Fire dulu, aku memutuskan untuk membeli buku trilogy Hunger Gamses. Maka dimulailah perburuan di Arena ini.

Supaya lebih asik bacanya, aku berencana untuk langsung membeli ketiga bukunya sekaligus. Lebih asik lagi kalau beli box set-nya. Jadi terlihat lebih elegant. :fufu:

Dulu, aku pernah lihat box set trilogy Hunger Games di toko buku di Mall terbesar di Samarinda, tapi kemudian box set-nya udah gak ada lagi :T.T: . Buku yang terpisah pun tidak lengkap, tidak ada Catching Fire-nya.

Sepertinya jalan tercepat untuk mendapatkan box set Hunger Games adalah dengan membeli di toko buku online. Sayangnya, toko buku online pun udah kehabisan box set Hunger Games. Yang ada hanya buku terpisahnya.

Beberapa minggu mencari, akhirnya… ketemu juga toko buku online yang punya stok box set Hunger Games. Sebut saja toko buku ini xxxbuku.com. Walau harganya sedikit lebih mahal dari pada toko lainl (yang kehabisan stok), aku putuskan untuk beli saja di toko yang satu ini. Sebelum beli, tentu saja aku cek dulu track record toko buku online ini.

Setelah yakin toko buku online ini toko online beneran, aku langsung pesan satu biji box set yang udah lama aku incar ini. Responnya lumayan cepat, padahal waktu itu hari Sabtu (tanggal 16 Agustus) di mana kebanyakan orang yang ngantor lagi libur. Tidak begitu lama setelah transfer, pembayaranku dinyatakan terkonfirmasi dan segera diproses.Bahkan pengiriman pun dilakukan di hari yang sama. Mungkin toko ini beroperasi tujuh hari dalam seminggu.

Jual buku Hunger Games
Ini penampakannya

Selain keunggulan, tentu aku juga menemukan kekurangan toko buku online ini. Hal yang mengganjal adalah masalah biaya tambahan. Biaya tambahan yang dikenakan lumayan mahal, yaitu Rp.70.000,-. Aku sedikit kaget waktu melihat dokumen yang disertakan oleh kurir di paket yang menyebutkan bahwa biaya kirim paket sebesar Rp.35.000,- padahal aku dikenakan biaya Rp.70.000,- sama tokonya.

Sebelum berburuk sangka, aku coba cek lagi order detail di website toko onlinenya. Bener aja sih, toko ini gak nipu, tapi cuma sedikiti nge-trik. Di order detail disebutkan bahwa biaya tambahan yang dikenakan adalah shipping+handling. Jadi ya gak bisa dibilang nipu. Kita cuma gak sepenuhnya tahu rincian biaya tambahannya itu dipake buat apa aja.

Walau udah mengikhlaskan biaya handling itu, selalu saja ada sisa yang mengganjal. Coba deh teman-teman pikir. Ada orang yang meminta bayaran untuk menangani barang dagangannya sendiri. Itu yang agak mengganjal di hati. Dulu, aku pernah beli buku di toko lain dan tidak dikenakan biaya handling ini.

Nah, itulah sedikit pengalaman belanja buku secara online. Semoga bisa jadi bahan pertimbangan bagi teman-teman yang mau beli buku online.


About the author: Dwi Nur Wahyudi

Blogger, Ubuntu Enthusiast, Movie Goer, Pendekar Akademik, Hampir Ganteng, Calon Imam Rumah Tanggamu, Menantu Idaman Mamamu | Email: iyud@dnwahyudi.com

Related Posts

27 Comments

  1. Aku juga pernah punya pengalaman buruk waktu belanja buku OL. Katanya buku kosong trus akan di susulkan tapi sampai 1 tahun ini naga-naganya nggak ada tuh susulannya 🙁

    1. Sepertinya di Indonesia sering terjadi buku terbit setelah film, makanya kita jarang tau kalau ada bukunya.. Selain hunger games juga ada Divergent dan Ender’s Game yg bukunya terbit setelah filmnya…

  2. Wah sama nih, gara-gara penasaran sama kelanjutan Catching Fire, ngiler juga pengen baca Mockingjay langsung. Tapi maunya beli box set.

    Wah mahal amat ongkirnya. Belum pernah ngalamin hal buruk selama belanja online.

  3. Begitulah salah satu risiko belanja online, Mas. Kalau saya dulu pernah pesan buku, dan sudah bayar. Eh ternyata ada beberapa buku yg stoknya kosong. Uang saya memang dikembalikan, tapi hanya uang bukunya saja, ongkos kirimnya nggak. Padahal kan seharusnya ongkos kirimnya juga dikembalikan sebagian, karena otomatis berat bukunya berkurang….

    Omong-omong, saya juga berencana beli beberapa buku sekalian, tetraloginya Pram. Tapi masih nunggu toko buku langganan bikin acara diskon dulu, haha….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE