Menghemat Space Webhosting

Mengelola blog dengan platform CMS yang diinangkan (hosted) sendiri bisa dibilang susah susah sulit (gak) gampang. Kita harus pandai-pandai mengatur agar blog kita bisa optimal namun juga harus memerhatikan resources (sumber daya) dari jasa inang (hosting) web yang kita pakai. Jangan sampai blog kita terasa sekedarnya, tapi juga harus dihindari penggunaan sumber daya yang terlalu memaksa server bekerja keras.

Satu dari keterbatasan jasa webhosting adalah space atau ruang disk yang disediakan penyelenggara jasa hosting. Kalau Anda tergolong orang yang ber-uang, mungkin akan dengan mudah memecahkan masalah ini dengan menyewa jasa hosting unlimited (tak terbatas). Bagi Anda yang masih berdompet tipis seperti saya, tentu hanya bisa menyewa hosting dengan kapasitas terbatas.

Ada beberapa trik yang bisa Anda terapkan untuk menghemat ruang disk webhosting Anda. Berikut ini saya tuliskan.

Memilih script CMS.

CMS atau Content Management System yang ada saat ini sangatlah banyak Sebagai contoh, CMS untuk blogging ada wordpress (yang sangat populer saat ini), Openblog, Serendipity, Dotclear, b2evolution, Textpattern, Pixie, Nucleus dan lain sebagainya. Pilihlah CMS blog yang akan Anda gunakan yangsesuai dengan kapasitas webhosting Anda.

Resize gambar.

Gambar bisa jadi hal membuat penggunaan space Anda menjadi sangat boros, untuk satu gambar saja bahkan bisa menghabiskan bebeapa MB. Agar penggunaan ruang disk hemat, resize terlebih dahulu sebelum menunggah gambar ke blog Anda.

Gunakan imagehosting untuk gambar Anda

Apabila harus memasang foto dengan ukuran besar, sebaiknya Anda menggunakan image hosting untuk post blog Anda. Ada beberapa image hosting yang bagus seperti photobucket, imageshack dan lainnya. Penggunaan image hosting juga bisa menghemat bandwidth hosting (apabila bandwidth dibatasi).

Selektif menggunakan plug-in

Beberapa CMS populer seperti WordPress dan Joomla memiliki jumlah developer plug-in yang sangat banyak. Jangan sampai Anda tergoda menggunakan banyak plug-in karena selain membuat boros space, juga membuat website Anda menjadi lambat karena server harus me-load script yang lebih berat.

Menggunakan external comment system

Komentar yang ditulis oleh pengunjung blog Anda kan disimpan ke hosting dalam bentuk database. Semakin banyak komentar tentu akan semakin menghabiskan space webhosting Anda. Untuk menghindari pemborosan space dari komentar, Anda bisa menggunakan externel comment system seperti disqus, intensedebate atau lifvefyre. Comment system ini termasuk populer untuk blog-blog yang beredar di pasar bebas. Anda juga bisa menggunakan comment system dari jejaring sosial seperti facebook atau google+.

Penggunaan external comment system tentunya juga memiliki kelemahan. Intensedebate (menurut pengamatan saya) masih menggunakan database hosting Anda untuk menyimpan komentar. Menurut pengamatan saya (lagi), intensedebate hanya mengambil alih interface dari form komentar di blogpost Anda.

Kelemahan yang kedua adalah perbedaan “experience” dalam menggunakan  external comment system dengan comment system yang ada secara default. Disqus memerlukan registrasi sebelum pengunjung bisa berkomentar. External comment system juga terasa kurang seru karena banyak yang tidak menyediakan kolom url bagi pengunjung yang ingin berklomnetar. Hal-hal tersebut membuat pengunjung menjadi malas berkomentar di blog Anda.

Hapus cache di hosting

Untuk Anda yang meggunakan hosting Linux, Anda bisa menemukan cache di folder /tmp (hal ini masih perlu pembalajaran yang lebih dalam). Beberapa blog yang saya baca menyebutkan bahwa semua isi directory /tmp boleh saja dihapus, namun Anda perlu hati-hati. Jangan sampai blog Anda menjadi kacau karena ada file penting di dalam directory /tmp. Tidak ada salahnya terlebih dahulu mem-back-up isi directorey tmp kemudian mencoba menghapusnya. Kalau blog Anda mengalami gangguan tinggal di-restore saja. Selama ini saya menghapus isi dari /tmp masih oke saja, tidak ada gangguan.

Nah, itulah sedikit tips dari saya tentang cara menghemat ruang disk webhosting Anda. Kalau ada yang ingin menambahkan silahkan tulis di komentar, ya.


Diterbitkan oleh

Wahyudi DN

Blogger, Ubuntu Enthusiast, Movie Goer, Hampir Ganteng | Email: iyud@dnwahyudi.com

18 thoughts on “Menghemat Space Webhosting”

  1. Belum ngeh beneran Mas Yudi, sementara menggunakan wp gratisan paling menghemat dengan cara mengcompress foto. Trim ya ikutan belajar di sini. Salam

  2. Kebetulan blog saya cukup banyak gambarnya dan space hostingan pun juga terbatas, untuk mensiasati agar tidak kehabisan space hosting, sengaja saya pakai blogspot untuk menyimpan gambar.
    Tips2 diatas akan coba saya terapkan, terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.