Mengapa Saya Suka Arloji Mekanik

Sudah beberapa kali saya menulis tentang jam yang saya beli di blog saya ini. Kebanyakan jam tersebut adalah jam mekanik. Saya memang lebih menyukai jam tangan mekanik daripada jam tangan elektronik (quartz). Bagi saya, beberapa hal pada jam tangan mekanik mungkin tidak dapat kita jumpai pada jam tangan quartz.

Sedikit info untuk yang belum mengerti jam tangan mekanik itu apa; Jam tangan atau arloji mekanik adalah jam tangan yang bekerja hanya dengan prinsip mekanik dalam gerakannya. Jadi, pada jam tangan mekanik tidak ada komponen elektroniknya. Pada jam tangan mekanik,  hanya ada roda-roda bergerigi, pegas dan komponen-komponen mekanik lainnya, walau ada jam khusus yang menggabungkan cara kerja keduanya, yaitu mesin Seiko kinetic, tapi umumnya jam mekanik tidak ada sama sekali komponen elektronik.

Bagi kebanyakan orang, mungkin hanya memandang jam tangan sebagai alat penunjuk waktu atau pelengkap busana yang mereka kenakan. Namun berbeda dengan orang-orang yang punya minat pada horologi. Mereka memandang jam tangan sebagai alat dan juga ‘mainan’ untuk dipelajari dan dikagumi setiap aspeknya.

Di bawah ini adalah beberapa alasan yang menjadikan saya menyukai jam tangan mekanik.

Go Green

Jam tangan mekanik tidak menggunakan komponen elektronik pada mesinnya, dengan demikian maka pada jam tangan mekanik tidak memakai baterai yang mengandung bahan kimia yang dapat mencemari lingkungan.

Arloji mekanik
Arloji/jam tangan mekanik murah
Lebih personal

Sumber tenaga pada jam tangan mekanik adalah pegas berbentuk gulungan yang digulung baik secara manual (pada jam tangan mekanik manual) maupun melalui rotor otomatis (pada jam tangan mekanik automatic) yang ikut bergerak ketika tangan pengguna jam tangan bergerak.

Yang saya rasakan ketika menggunakan jam tangan automatic milik saya adalah bahwa jam tangan ini terasa benar-benar menyatu dengan diri saya, karena sistem kerjanya terpicu dan ditenagai oleh setiap aktivitas tangan saya.

Seiko snk809k2
Mahakarya engineering

Setiap saya melihat jam tangan mekanik saya bekerja, saya menyadari bahwa di balik dial-nya terdapat roda-roda bergerigi dan komponen lain yang secara simultan bekerja sesuai fungsinya sehingga dapat menunjukkan waktu secara presisi. Selain itu, dengan menggunakan jam tangan mekanik saya tahu bahwa ada orang-orang yang mendedikasikan pikiran dan tenaganya untuk benar-benar menghasilkan suatu alat yang bekerja dengan keslahan sangaat kecil.

Hal-hal di atas adalah aspek utama mengapa saya menyukai jam mekanik. Aspek-aspek lain seperti desain, material, atau fitur adalah aspek sekunder yang dapat menarik minat saya terhadap suatu jam. Bagaimana dengan Anda, apakah juga menyukai jam mekanik?

Diterbitkan oleh

Wahyudi DN

Blogger, Ubuntu Enthusiast, Movie Goer, Hampir Ganteng | Email: iyud@dnwahyudi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.