Back Up dengan Awan

Kemarin siang aku nonton berita yang isinya kabar kriminal: Seorang mahasiswi menjerit histeris ketika mengetahui dirinya menjadi korban pencurian. Laptopnya yang berisi file-file skripsi juga ikutan hilang.

Sungguh tragis nasib mahasiswi ini. Udah capek-capek bikin skripsi, eh hilang begitu aja. Selain kerugian materil, tentu saja kerugian yang dialami adalah capek batin, ya kan..

Sebenarnya keapesan seperti ini bisa dicegah dengan melakukan back up data. Hendaknya kita jangan menyimpan data penting hanya di satu tempat saja. Buat copy di dua atau tiga tempat supaya lebih aman.

Cara yang paling simpel adalah dengan menyimpannya di media penyimpanan portabel; flash drive, hard disk portabel, cd, disket, piringan hitam atau batu prasasti (tiga alat terakhir yang aku sebutkan jangan dianggap serius, ya!). Tapi, ada sedikit masalah, bagaimana kalau media itu juga hilang atau rusak..

Solusinya bisa dengan menggunakan cloud computing Cloud computing, terdengar serem kalo gak ngerti artinya yaa.. Kita sebut aja dengan bahasa sederhana “back up on line”, deh.

Banyak layanan cloud yang memberikan product/service cloud gratis. Beberapa di antaranya adalah 4shared, box.net dan Ubuntu One. Biasanya juga ada layanan premium/berbayar. Layanan cloud yang  gratisnya pun udah lebih dari cukup memuaskan untuk kita yang kerjaannya biasa-biasa aja.

Ubuntu One, sesuai namanya adalah layanan cloud yang disediakan oleh pengembang OS Ubuntu. Hebatnya, Ubuntu One tidak hanya bisa digunakan pada OS Ubuntu, tapi juga OS WIndows bahkan komputer Mac, iphone dan android juga bisa ikutan nimbrung. Ubuntu One memberikan kapasitas penyimpanan sebesar 5 Gb. Untuk dapat menggunakan layanan ini kita tinggal download software client-nya, terus daftar. Kalo udah terdaftar kita bisa mengakses file kita melalui software client atau melalui website Ubuntu One.

Box.net juga lumayan bagus. Kapasitas yang diberikan sebesar 10Gb. Box juga menyediakan software client untuk diinstall di komputer kamu.

Nah, yang paling seru mungkin 4shared. Selain ada software client-nya, kapasitas yang diberikan juga lumayan besar. 4shared memberikan kapasitas sebesar 15Gb. Kalau kamu punya duit lebih, kamu bisa coba produk berbayarnya yang memiliki kapasitas hingga 100Gb.

Alasan yang paling sering kita dengar adalah ribet dan susah. Ribet  dikit gak papa, kan.. Daripada ngulang skripsi dari halaman judul, ribetan mana, coba?!?

Susah?!? Apa sih, susahnya daftar di 4shared? Ngisi ini itu sebentar aja gak begitu susah, kok. Bahkan sekarang kita bisa login dengan akun facebook. Tinggal klik-klik sebentar aja.

Alhamdulillah, aku sendiri belum pernah mengalami yang namanya hilang file. Selama ini, cloud aku gunakan hanya sebagai media file sharing..

Segitu aja bahasan mengenai tiga layanan cloud. Sebenarnya, masih ada banyak layanan cloud di luar sana, tapi gak mungkin kan aku bahas semuanya.

Nah, bagi Anda yang punya pengalaman atau pendapat silahkan tulis di komentar ya.. 😀

Cara Install Sakis3g

Bagi pengguna pemula Ubuntu dan Linux umumnya, hardware bisa jadi masalah yang sedikit merepotkan. Mulai dari hardware yang tidak dikenali oleh OS atau bahkan kasus seperti yang saya alami; hardware dikenali tetapi tidak bisa berjalan dengan baik. :mati:

Beberapa waktu yang lalu saya menulis tentang galaunya saya karena modem yang tidak bisa bekerja dengan baik di Ubuntu. Tidak lama setelah saya tulis di blog, saya menemukan solusinya di forum-forum Ubuntu.

Waktu saya masih galau itu, saya mengalamai masalah dengan modem prolink PHS-300. Modem ini bisa dibilang moody banget, koneksi internet kadang bisa dijalankan dan lebih sering tidak bisa. Akhirnya saya menemukan cara untuk mengatasi masalah ini, yaitu dengan software sakis3g. 😀

Berikut ini cara menginstall sakis3g di ubuntu.

  1. Download sakis3g di sini. Lanjutkan membaca Cara Install Sakis3g

The Mana World: Game Online Gratis

Bagi yang sudah pernah nyentuh game online, pasti tahu genre game yang satu ini. Genre yang saya maksud MMORPG atau Multi media online role playing game. Di jenis game ini, kita akan berpetualang menyelesaikan misi-misi dan juga bisa bertemu banyak orang.

Kita pernah mendengar banyak orang yang menghabiskan ratusan ribu bahkan jutaan rupiah hanya karena main game online. :mati: Anda tidak usah khawatir kalau main The Mana World karena game ini seratus persen gratis. :fufu:

Hebatnya lagi, selain gratis game ini juga multi platform. Jadi, game ini bisa dimainkan di komputer dengan operating system Windows, Linux, Mac dan bahkan android juga bisa ikutan main. :music:

Yang main cuma satu ekor

Langsung aja nih, bagi yang mau coba main begini caranya:

Pertama, download client game The Mana World. Bagi pengguna Ubuntu langsung aja buka terminal dan ketikkan perintah sudo apt-get install tmw, kemudian masukkan password anda, system akan otomatis mengunduh dan meng-install game The Mana World. Lanjutkan membaca The Mana World: Game Online Gratis

Pamer Desktop

Aku sedang benar-benar jatuh cinta sama yang namanya desktop environment Xfce, jadi aku pmerkan di sini. Nih screenshoot-nya.

Tampilannya keren
Tampilannya keren

Menurut beberapa sumber yang aku baca, Xfce ini sebenarnya ditujukan untuk komputer dengan spesifikasi hardware yang agak rendah. Jadi, komputernya bisa bekerja dengan lebih cepat, dan memang terasa lebih cepat kalau dibandingkan dengan Gnome.

Sebagai pengguna Ubuntu pemula, sebenarnya gak ada alasan khusus kenapa aku milih DE Xfce. Toh, hardware-ku masih bisa berjalan dengan baik dengan DE lain seperti Gnome, KDE atau yang lainnya. Software-software yang aku pakai pun bukan software ynag berat-berat. Jadi, aku mulih Xfce murni karena tampilannya yang sejuk di mata.

Hmm. apa lagi ya..

Ini rincian desktop-ku

  • OS: Linux/Ubuntu
  • Distro: Ubuntu 12.04 LTS (Pricise Pangolin)
  • DE: Xfce
  • Widget: Cairo dock, screenlets

Bagaimana dengan komputer teman-teman? Sharing, dong.. 😛 Lanjutkan membaca Pamer Desktop