Sumpah, Ini Gak Sengaja

Ada saatnya aku kangen banget sama teman-teman dan juga suasana waktu KKN dulu. 😈 Biasanya kalau lagi kangen aku hubungin mereka lewat sms atu socmed. Kalau mereka lagi sibuk dan gak bisa dihubungi, terpaksa kangen-kangenannya sendiri aja :music: dibantu dengan foto-foto dokumentasi kita dulu.

Nah.. Kira-kira setahun lalu, aku buka-buka arsip foto dokumen KKN kami. Di situ aku menemukan salah satu foto yang lumayan unik. Di foto itu, terlihat ketua kelompok kami, Gilang sedang bermain-main dengan hewan peliharaan warga setempat. Foto ini aku sendiri yang mengambilnya, lho…!

Waktu itu, kami sedang berisitrahat di tengah tugas kami membagikan bubuk abate kepada warga. Medannya memang sangat menantang, wilayah Kelurahan Sidodamai banyak yang berupa bukit.

Di salah satu rumah warga, ada seekor monyet yang merupakan peliharaan warga. Saat Gilang menjulurkan tangannya, si monyet membalasnya. Mungkin si monyet mengira kalau Gilang akan memberikan makanan. Sepertinya monyet itu sudah sering berinteraksi dengan warga, jadi dia udah jinak banget.

agak mirip, sih

Setelah lebih dari setahun aku baru sadar kalau pose mereka berdua mirip dengan lukisan yang sangat terkenal. Lukisan yang ada di langit-langet Kapel Sistina (Sistine Chapel) di Vatikan.

Awalnya aku agak ragu πŸ™„ mau nge-pos foto ini karena lukisan di atasnya itu identik dengan tempat suci agama. Jadi, mohon maaf kalau di antara teman-teman pembaca sekalian ada yang gak suka. Foto ini bukan bermaksud apa-apa, cuma mau menunjukkan kebetulan yang lumayan unik. πŸ™‚

Silahkan berkomentar, dan jempol facebooknya gak akan ditolak..

Pesona Tersembunyi Tanah Borneo

Waktu berhasil dapat lokasi KKN di Samarinda, aku benar-benar merasa beruntung. Beruntung karena gak usah repot-repot urus ini itu, bawa perbekalan ini itu, gak bikin cemas orang tua karena lokasi jauh, dan lain sebagainya. Aku juga benar-benar beruntung saat mendapat teman-teman yang asik di kelompok KKN-ku.

Sepertinya, perasaan itu agak “bergeser” ketika KKN selesai. Banyak cerita dari teman-teman yang lokasi KKN-nya di luar Samarinda yang tidak kalah serunya. Salah satunya adalah teman PPL-ku, Nurul.

Jadi ceritanya begini. Beberapa bulan yang lalu, Nurul meminta bantuanku untuk membuat video media pembelajaran yang akan digunakan di penelitiannya (sayangnya, waktu itu aku gagal karena laptopku error). Di situ dia utak atik laptopnya dan menunjukkan beberapa foto dari tempat KKN-nya.

Aku agak terkejut ternyata di Kalimantan Timur ada air terjun yang begitu indah, tidak kalah dengan air terjun-air terjun yang ada di daerah lainnya.

Air terjun ini terletak di Kabupaten Kutai Barat. Waktu itu, lokasi KKN mereka ada di Kecamatan Melak, kemungkinan air terjun ini juga berada di Kecamatan yang sama (lupa ditanyakan detail lokasinya).

Air terjun yang tinggi ini namnya Jantur Inaar. Benar-benar seru deh kayaknya, kalo foto-foto di situ

Seru fotonya..!

Β Nah, ini ada satu lagi air terjunnya. Aku lupa namanya apa. Air terjun yang satu ini gak kalah seru karena mereka bisa berenang di situ…!

.

Di bawahnya ada kolam..!!

Ada tiga air terjun yang diknjungi oleh Nurul dan teman-teman KKN-nya, yang satu lagi gak ada fotonya. Oh, iya. Menurut Nurul, tempat ini belum ada yang mengelola. Mungkin, karena belum banyak pengunjungnya.

Nah, inilah yang bikin aku agak iri kepada teman-teman yang KKN di daerah-daerah yang ternyata memiliki potensi pariwisata yang luar biasa. Aku benar-benar berharap suatu saat nanti aku bisa mengunjungi tempat ini dan tempat-tempat lain yang ada di Benua Etam ini.