Tempat Makan Enak di Dekat Stasiun Kereta Api di Jakarta

Perut keruyukan waktu baru turun atau mau naik kereta api di Jakarta? Nggak perlu khawatir, karena ada banyak tempat makan enak di dekat stasiun di Ibukota. Kali ini, kita nggak akan membahas satu stasiun saja, tapi tiga stasiun besar yang ada di Jakarta, Pasar Senen, Jakarta Kota dan Gambir.

Dekat Gambir

foto:wikipedia.org

 

Ada banyak pilihan tempat makan lezat dari stasiun yang terletak di jatung Ibukota ini. Beberapa tempat berikut ini bisa jadi pilihan:

Bakmi GM

Tempat makan yang satu ini sangat terkenal di Kota Jakarta dan merupakan salah satu warung bakmi legendaris yang sudah mulai berjualan sejak puluhan tahun lalu. Tidak terhitung berapa banyak pelanggan yang suka mampir ke bakmi GM.

Biasanya, para penumpang kereta api menyantap bakmi yang terletak di Jl Medan Merdeka Timur, tepatnya di dalam kompleks pujasera Stasiun Gambir ini langsung di tempat. Beberapa lainnya memilih untuk dibungkus dan dijadikan bekal selama perjalanan.

Soto Kriuk

Pilihan kuliner lain di sekitar Stasiun Gambir adalah Soto Kriuk yang terletak di dalam kompleks pujasera stasiun. Tidak hanya sekedar makan, kamu juga bisa menikmati iringan lagu dari radio yang diputar di dalam warung Soto Kriuk ini selama menyantap soto. Membuat rasa makanannya menjadi semakin nikmat.

Dapur Babah Elite

Santai menunggu keberangkatan setelah mencetak tiket kereta api di Gambir, nongkrong di Dapur Babah Elite bisa jadi pilihan. Lokasinya berada di Jl Veteran 1 No 18 -19, hanya sekitar 800 meter dari stasiun.

Jika waktu keberangkatanmu masih panjang, santai di sini adalah pilihan terbaik karena tidak hanya menyajikan makanan enak, Dapur Babah Elite juga punya suasana yang etnik dan klasik.

Stasiun Jakarta Kota

foto:kompas.com

Kalau perjalanan kamu dimulai atau diakhiri di Stasiun Jakarta Kota, nggak ada salahnya untuk mampir ke beberapa tempat makan enak berikut ini. Jalanlah sedikit ke kawasan Kota Tua, dan kamu akan dimanjakan dengan berbagai kuliner lezat yang ada di sana. Termasuk beberapa tempat berikut ini:

Historia Food and Bar

Tempat makan ini menjadi lokasi tepat setelah menukarkan tiket kereta api di Stasiun Jakarta Kota. Desain interiornya bergaya Betawi, dan makanannya pun khas Betawi yang belakangan susah ditemui di Jakarta. Bahkan bisa dibilang, kuliner khas Betawi sudah hampir punah keberadaannya.

Kedai Seni Jakarte

Ngidam Soto Betawi atau mau bawa Proffertjes buat keluarga di luar kota. Sebelum kamu berangkat menukarkan tiket kereta api di Stasiun Jakarta Kota, mampirlah ke Kedai Seni Jakarte yang terletak di Kota Tua. Makanan di sini dikenal lezat, tempatnya pun menarik untuk duduk berlama-lama.

Stasiun Pasar Senen

sumber:tirto.id

Kalau kamu sedang berada di kawasan Pasar Senen, beberapa tempat berikut ini bisa jadi pilihan:

Nasi Kapau Iyo

Kalau kamu suka dengan makanan khas Padang, Nasi Kapau Iyo bisa jadi pilihan di sekitar Pasar Senen. Lauknya beragam, bisa langsung dimakan di tempat atau dibungkus sebagai bekal di perjalanan.

Platinum Resto

Tempat makan ini punya menu yang beragam, cocok buat tempat menunggu kereta api bersama keluarga atau sahabat. Menikmati makanan lezat dan suasana nyaman, membuat banyak pengunjung betah di sini.

Cakra KW

Beberapa hari yang lalu, sertelah dari perpustakaan aku sempatkan makan di warung ayam gepuk di daerah jalan Pramuka Samarinda. Menurutku, ayam gepuk di situ rasanya lumayan enak, walau gak terlalu istimewa. Jadi, ya agak bikin ketagihan gitu.

gambar dari sini
 

Setelah beberapa menit menunggu pesanan, langsung aja aku musnahkan makann itu. Gak berapa lama datang seorang penyanyi jalanan. Langsung aja dia nyanyi. Awalnya aku gak mengenali intro lagu itu, setelah masuk ke vokal baru tahu kalau Mas si Penyanyi Jalan itu menyanyikan lagu Harus Terpisah dari Cakra Khan. Wih, update juga nih Mas Penyanyi, pikirku.

Aku memang gak bisa main gitar, tapi kalau dengerin musik sih sering. Menurutku, kok kunci yang dimainkan Mas Penyanyi itu gak tune in dengan lagunya ya..? Untunglah hal itu bisa tertupi dengan suara si Mas Penyanyi yang nyaring cetar membahana dan juga ke-pd-annya. Untung aja fee-nyasi Mas Penyanyi itu sukarela. Kalau bukan suka rela, aku pasti udah minta refund..

Dari sini aku ambil hikmahnya aja. Apapun profesi kita, sebaiknya lakukan dengan sunguh-sungguh dan profesional. Kalo gak gitu, bisa-bisa orang yang tidak mengerti profesin kita pun akan ikut menghakimi kita.

Rujak Itu…

Siapa yang gak tahu rujak. Rujak atau yang dalam bahasa Kalimantan disebut sebagai pencok adalah makanan yang isinya berbagai macam buah (biasanya buah yang rasanya asam) dan disajikan dengan bumbu khusus. Rujak bisa ditemui di Indonesia, Malaysia dan juga Singapura.

Rujak teman blogwalking

Di Indonesia ada berbagai macam versi rujak. Ada rujak bebek, rujak injak, rujak cuka dan lain-lain. Kalau rujak-ku yang satu ini, gak tau deh rujak jenis apa.

Kalau ngomongin masalah makanan yang satu ini, pasti akan banyak cerita yang akan kita dengar. Mulai dari cemilan sebagai pelengkap ketika bergosip ria dengan teman-teman, sampai cerita tentang ibu hamil. Pokoknya pasti seru dah. Rujakku ini gak terklalu banyak ceritanya, cuma dijadikan teman untuk blogwalking.

yummy..

Rujak ini ibuku yang beli. Ibu beli di dekat rumah waktu pulang dari kantor.

Awalnya sih, aku gak begitu tertarik dengan rujak ini, tapi setelah dirasain ternyata rasanya WOW…

Yang aku rasakan tentang rujak ini adalah rujak ini rasanya seperti Cinta yang Bertepuk Sebelah Tangan. Rasanya asem, pedas,  manisnya cuma sedikit, pokoknya nyiksa banget tapi bikin ketagihan.. 😛

Bagaimana dengan sobat sekalian? Apakah ada pengalaman nge-rujak yang seru ❓